Bayar Pajak Motor di Alfamart Tanpa KTP

Mudah! Bayar Pajak Motor di Alfamart Tanpa KTP

Bayar Pajak Motor di Alfamart Tanpa KTP. – Motor merupakan kendaraan roda dua yang hampir di miliki oleh setiap orang. Apalagi di era yang serba modern ini tentu setiap orang membutuhkan motor sebagai sarana transportasi. Nah, pada motor tentu kita harus membayar pajak kendaraan kepada negara.

Di era yang serba digital ini, tentu bukan hal yang sulit untuk sekedar membayar pajak kendaraan. Karena, samsat sendiri sudah memberikan fitur pembayaran pajak secara online atau yang lebih populer dengan E-Samsat. Oleh sebab itu, kita bisa melakukan pembayaran melalui gerai salah satunya via alfamart.

Pada artikel kali ini, tutoreal.id akan membahas tentang pengalaman bayar pajak motor di alfamart tanpa KTP (Kartu Tanda Penduduk). Namun sebelum ke inti pembahasan, ada baiknya apabila membaca sedikit penjelasan yang telah admin siapkan di bawah ini.

Bayar Pajak Motor di Alfamart Tanpa KTP

Bayar Pajak Motor di Alfamart Tanpa KTP

Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu jenis pajak yang berlaku untuk pemilik kendaraan roda dua (sepeda motor). Pajak tersebut biasanya digunakan oleh negara untuk pembangunan infrastruktur seperti perbaikan jalan, rambu lalu lintas dan lain sebagainya.

Sementara itu, tarif atau biaya pajak motor tentu beragam yang pada dasarnya tertera pada STNK (surat tanda nomor kendaraan). Nah, apabila kita telat membayar pajak atau memperpanjang STNK, maka akan terkena denda dalam jumlah tertentu.

Oleh karena itu, yuk taat bayar pajak pada saat jatuh tempo agar pembangunan infrastruktur terus berjalan sehingga Indonesia menjadi negara maju. Apalagi saat ini kita bisa bayar pajak motor di alfamart tanpa KTP sehingga lebih mudah dan praktis.

Read Now  Download Font PicsArt Keren dan Aesthetic Lengkap

Baca Juga : Syarat Beli Kondom di Alfamart Tanpa KTP

Syarat Bayar Pajak (STNK) motor di Alfamart Bisa Tanpa KTP

Dilansir dari situs resminya, pembayaran pajak kendaraan di alfamart bisa tanpa KTP loh. Karena, pada dasarnya layanan E-SAMSAT di sistem alfamart hanya memerlukan nomor plat, nomor rangka atau nomor mesin. Artinya, kita cukup membawa STNK saja ke gerai alfamart.

Dengan mempermudah metode pembayaran pajak kendaraan, pemerintah mengharapkan setiap orang lebih sadar untuk taat membayar pajak pada waktunya. Karena, memang sebagian orang terkadang malas membayar pajak yang mungkin prosesnya terkesan ribet.

Jadi, kita bisa bayar pajak motor di alfamart tanpa KTP dengan praktis. Apalagi melalui alfamart kita bisa menggunakan metode pembayaran secara cash, debit, ovo, shopeepay, gopay, dana dan lain sebagainya. Adapun cara bayar pajak motor di alfamart tanpa KTP pemilik ialah sebagai berikut:

  • Pergi ke gerai alfamart terdekat dari lokasi kalian.
  • Jika sudah, masuk dan langsung ke bagian kasir.
  • Tanyakan apakah bisa membayar pajak motor atau layanan E-Samsat.
  • Jika ada, maka kasir akan menanyakan nomor polisi atau nomor plat kendaraan serta informasi lainnya tentang motor yang akan di bayar pajaknya.
  • Tunggu proses input beberapa saat.
  • Jika sudah, kasir akan memberikan informasi tentang jumlah pajak yang harus kalian bayar beserta admin pembayaran di alfamart.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera di monitor kasir.
  • Kemudian, kasir akan memberikan struk pembayaran tersebut.
  • Selesai.

Dengan demikian, pembayaran pajak (STNK) motor sudah berhasil kalian lakukan tanpa menggunakan KTP secara praktis di alfamart.

Baca Juga : Beli Kartu Jak Lingko di Indomaret & Alfamart Online

Setelah Bayar Pajak Motor di Alfamart secara Online, Apa Selanjutnya?

Jika kalian sudah selesai melakukan pembayaran pajak motor di alfamart, tentu memerlukan kertas STNK baru yang menandakan pajak sudah di perpanjang. Nah, sekarang kalian tinggal pergi saja ke kantor samsat terdekat dari lokasi kalian saat ini.

Read Now  3 Cara Terjemahkan Email dari Inggris di HP dan Laptop

Jangan lupa untuk membawa struk bukti pembayaran serta KTP asli yang sesuai dengan STNK. Karena, kita hanya bisa membayar pajak saja yang tanpa KTP. Adapun untuk membawa lembar perpanjangan STNK memerlukan KTP asli yang sesuai dengan pemilik kendaraan.

Walaupun demikian, kita tetap bisa mengambil lembar STNK yang baru walaupun tanpa KTP. Namun, biasanya terkena biaya cash KTP sekitar 150 ribu (pengalaman pribadi). Mungkin biaya cash KTP tersebut beragam di setiap daerahnya admin juga kurang begitu mengetahuinya.

  • Pergi ke samsat terdekat.
  • Masuk ke bagian layanan Cetak STNK.
  • Serahkan semua dokumen dari mulai struk pembayaran dan STNK.
  • Jika sudah, pergi ke layanan Pengesahan.
  • Tunggu proses stempel beberapa saat.
  • Selesai.

Kesimpulan

Demikianlah yang dapat admin bagikan seputar bayar pajak motor di alfamart tanpa KTP dengan mudah dan praktis. Kini tidak ada lagi alasan untuk telat bayar pajak. Karena, pemerintah sudah mempermudah metode pembayaran sehingga wajib pajak tidak perlu kesulitan lagi. Oleh sebab itulah, dengan adanya layanan E-Samsat ini sangat membantu sekali dan memang cukup optimal agar tidak telat bayar pajak kendaraan.