2 Cara Cek BPOM Wardah Online dan Dengan Aplikasi

2 Cara Cek BPOM Wardah Online dan Dengan Aplikasi

Cek BPOM Wardah. – Wardah merupakan merek kosmetik yang dimiliki oleh PT Paragon Technology and Innovation asal Indonesia. Berbagai produknya mudah sangat terkenal dari mulai lipstik, lightening, white screet, moisturizer, skincare, face wash dan lain sebagainya.

Apalagi semakin hari produk kosmetik dan skincare semakin banyak sehingga persaingan semakin ketat. Terlebih dengan populer nya produk wardah membuat banyak oknum mencari kesematan dalam kesempitan misalnya dengan membuat produk palsu.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini Tutoreal.id akan menjelaskan bagaimana cara cek BPOM wardah untuk memastikan produk asli dan aman. Karena, apabila kita menggunakan produk palsu tentu bisa membahayakan kulit seperti iritasi, gatal dan masalah kulit lainnya.

Cek BPOM Wardah

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sebuah badan yang berfungsi untuk mengawasi semua produk yang akan di jual ke pasaran. Semua produk yang akan di pasarkan, wajib memiliki lisensi BPOM yang menjadi bukti bahwa semua bahan di dalamnya sudah teruji dan aman untuk digunakan.

Oleh karena itu, hal ini juga bisa menjadi sebuah solusi untuk melihat perbedaan wardah asli dan palsu. Sebab, semua produk palsu pasti belum terdaftar di badan tersebut karena belum memiliki izin edar secara resmi. Hal ini menjadi faktor yang cukup penting untuk kita ketahui.

Seiring berkembangnya teknologi di Indonesia, membuat BPOM mengeluarkan inovasi baru yaitu situs online dan aplikasi mobile. Keduanya sangat membantu kita untuk cek BPOM secara online untuk memastikan apakah produk tersebut aman untuk di gunakan atau tidak.

1. Cara Cek BPOM Wardah Online

Cara Cek BPOM Wardah Online

Badan pengawas obat dan makanan, kini sudah memiliki fitur untuk cek nomor BPOM secara online. Dengan situs ini, kita bisa cek menggunakan nomor registrasi, nama produk, merek, jumlah kemasan dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini menjadi sebuah terobosan bagi kalian yang ragu terhadap produk tersebut.

Read Now  Air Jordan : 7 Cek Barcode, Nomor Seri, Kode UPC, ART dan Tag Original

Pada umumnya, setiap produk memiliki nomor registrasi BPOM di bagian belakang kemasan termasuk wardah itu sendiri. Biasanya ini berupa kode unik yang di awali dengan huruf NA dan 11 digit angka seperti NA18231202290. Dengan kode tersebut, kita bisa mengecek apakah produk sudah terdaftar BPOM atau belum.

Sementara itu, dengan kode tersebut kita bisa mengetahui informasi detail dari produk wardah melalui situs online BPOM. Misalnya nama produk, tanggal produksi, tanggal expired hingga alamat perusahaan. Adapun cara mengeceknya bisa kalian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan pada kemasan wardah tercantum nomor registrasi BPOM seperti NA18231202290.
  • Jika sudah ada, buka browser dan akses situs https://cekbpom.pom.go.id/.
  • Pada menu cari produk, klik opsi Nomor Registrasi dan input nomor yang tercantum pada kemasan.
  • Kemudian klik Cari untuk memulai proses.
  • Setelah itu, apabila produk terdaftar maka BPOM akan memberikan informasi secara detail.
  • Selesai.

Semua produk wardah asli pasti sudah terdaftar secara resmi di BPOM sehingga ini menjadi perbedaan utama dengan produk palsu.

2. Cara Scan Barcode Wardah Dengan Aplikasi Untuk Cek BPOM

Cara Scan Barcode Wardah Dengan Aplikasi Untuk Cek BPOM

Selain situs online, BPOM juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi mobile. Ini berguna untuk memudahkan proses identifikasi produk dengan cara scan barcode. Jadi, berbeda dengan situs online, dengan aplikasi mobile terkesan lebih praktis karena bisa melalui QR-Code saja.

Sementara itu, BPOM Mobile sudah tersedia di google play store maupun app store sesuai device yang kalian gunakan untuk cek barcode BPOM wardah. Karena, secara umum semua produk wardah asli pasti tercantum sebuah barcode pada kemasan, segel maupun dus pembelian.

Oleh karena itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut tentang cara cek dan scan barcode wardah untuk mengetahui apakah produk sudah BPOM atau belum.

  • Cek letak barcode pada kemasan wardah.
  • Download dan instal aplikasi BPOM mobile di perangkat kalian.
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut.
  • Scan barcode wardah dengan cara klik Scan pada aplikasi dan arahkan kamera ke kode batang di kemasan.
  • Tunggu sampai terdengar bunyi bip.
  • Jika sudah, secara otomatis aplikasi akan menampilkan informasi detail terkait produk tersebut.
Read Now  3 Cara Menulis Bismillah di Word Dengan Mudah

Kesimpulan

Demikianlah yang dapat admin bagikan seputar cara cek BPOM wardah melalui situs online dan aplikasi mobile. Dengan adanya kedua metode di atas tentu saja bisa menjadi alternatif bagi kalian yang bertanya apakah wardah sudah BPOM. Apalagi dengan banyaknya produk palsu, memubuat kita harus lebih hati-hati ketika membeli sebuah produk skincare dan kosmetik.