7 Tips Memilih Baju lebaran tepat

Memilih Baju Lebaran Yang cocok untuk posture tubuh

7 Tips Memilih Baju Lebaran Yang Tepat
7 Tips Memilih Baju Lebaran Yang Tepat

Baju baru, Alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya, tak punya pun tak apa-apa, masih ada baju yang laman

masih ingat soundtrack favorit saat menjelang lebaran kan?  Eits, tunggu dulu, sebenarnya baju baru bukan sesuatu yang wajib loh. Baju Lebaran pun sebenarnya juga tidak harus baru, kalau baju lama masih bagus dan cocok kenapa tidak?

Jika ada yang bertanya kenapa harus memakai baju baru saat lebaran? Ada juga sebagian yang menjawab karena saat hari lebaran atau hari raya Idul Fitri kita ibaratnya telah lahir kembali atau kembali suci jadi selain jiwa kita yang baru, alangkah baiknya pakaian kita juga baru. Namun, itu hanya opini saja ya pemirsa karena dalam agama pun tidak ada anjuran untuk membeli baju baru. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tips memilih baju lebaran yang tepat.

Berikut ini adalah 7 tips memilih baju lebaran yang tepat:

1. Pilih baju lebaran yang sopan

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari sucinya umat Islam. Karena pada hari inilah kita merayakan kemenangan setelah satu bulan melakukan kegiatan puasa dan ibadah yang lainnya. Nah, untuk itulah ketika hari lebaran tiba alangkah baiknya jika kita menggunakan outfit atau baju lebaran yang sopan.

2. Pakailah bahan yang nyaman

Dalam berpakaian, tidak hanya modis atau trendy saja, namun faktor kenyamanan adalah hal yang utama. Karena jika kita merasa nyaman dengan pakaian kita maka kita akan semakin percaya diri atau tidak canggung. Baju lebaran yang nyaman biasanya menggunakan bahan-bahan seperti katun, sutra maupun ceruty atau sifon dengan double layer atau furing.

3. Perhatikan Mix and Match

Proses menyesuaikan atau mix and match model atau warna seringkali dijumpai saat memilih sebuah outfit. Misalnya saja, jika kerudung yang dipilih adalah bermotif biasanya bawahannya menggunakan polos sehingga tidak terjadi mencolok atau ramai warna. Lalu bagi wanita yang menggunakan celana biasanya akan cocok dengan baju lebaran berupa tunik dengan kain ceruti furing atau katun.

4. Sesuaikan baju lebaran dengan bentuk tubuh

Menyesuaikan pakaian dengan bentuk tubuh kita juga merupakan tindakan yang cukup penting. Hal ini agar kita tidak salah dalam memilih pakaian yang sesuai dengan tubuh kita dan terhindar dari rasa tidak percaya diri. Misalnya saja, bagi yang memiliki tubuh gemuk, hindari menggunakan baju lebaran yang terlalu longgar seperti lengan balon atau batwing. Sedangkan bagi yang memiliki tubuh kurus, jangan menggunakan pakaian yang sempit atau terlalu press body sehingga tidak terlihat semakin kurus.

5. Hindari baju lebaran yang terlalu mencolok

Memilih baju yang elegan atau mewah boleh saja . Namun, alih-alih memperindah, jika kamu terlalu banyak menggunakan manik-manik dan mutiara malah akan terkesan norak dan berlebihan.

6. Hindari over budget

Biasanya salah satu postingan THR adalah membeli baju lebaran. Tips tutoreal disini, buatlah rincian whis list yang tepat untuk uang THR kalian ya.

7. Sesuaikan warna baju lebaran dengan anggota keluarga

Sebenarnya memakai baju lebaran dengan warna yang sama dengan seluruh keluarga hanyalah opsional saja atau tidak wajib. Hanya saja banyak juga yang memutuskan untuk berseragam atau menggunakan warna senada saat lebaran dengan keluarga besar agar terlihat lebih kompak dan akrab. Hal ini sah-sah saja ya, mengingat salah satu tradisi lebaran adalah mempererat silaturrahim atau tali persaudaraan.

Oleh karena itu, pada artikel ini tutoreal.id akan membahas tentang 7 tips memilih baju lebaran yang tepat dan cermat.  Semoga bermanfaat!

 

Views: 16

Pastikan baju yang Anda pilih cocok dengan ukuran tubuh dan bentuk Anda. Hindari baju yang terlalu ketat atau terlalu longgar.

Pilihlah bahan yang nyaman saat dikenakan, terutama jika Anda akan menghabiskan banyak waktu dalam baju tersebut. Bahan seperti katun, linen, atau rayon seringkali nyaman dipakai.

Pilihlah baju yang sesuai dengan aktivitas yang akan Anda lakukan. Misalnya, pilihlah pakaian yang lebih formal untuk acara resmi, dan pakaian yang lebih santai untuk kegiatan sehari-hari.

Pilihlah warna dan motif yang sesuai dengan preferensi Anda serta sesuai dengan kesempatan penggunaan baju tersebut. Warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, atau navy seringkali mudah dipadu-padankan dengan pakaian lain.

Perhatikan detail desain seperti potongan, kerah, dan kancing. Pastikan Anda menyukai detail-desain tersebut dan sesuai dengan gaya pribadi Anda.

Saat memilih baju, pertimbangkan apakah baju tersebut dapat dipadukan dengan pakaian dan aksesori lain yang Anda miliki. Ini membantu Anda memaksimalkan penggunaan baju baru tersebut.

Pilihlah baju yang memiliki kualitas baik dan dapat bertahan lama. Meskipun harganya mungkin sedikit lebih mahal, investasi dalam kualitas akan membayar diri Anda dalam jangka panjang.

Jawaban-nya