Maintenance Ringan Komputer

7 Cara Maintenance Ringan Komputer Dengan Benar

Maintenance Ringan komputer. – Komputer atau yang lebih akrab dikenal dengan PC sudah menjadi gadget kedua setelah ponsel. Yang mana dengan mengikuti perkembangan teknologi di Indonesia menyebabkan perangkat tersebut cukup penting untuk kita miliki.

Dalam kegiatan sehari-hari saja nyaris tersedia secara komputerisasi. Hal ini menjadi bukti perkembangan teknologi yang sangat pesat, sehingga kita tidak boleh ketinggalan zaman. Tak hanya itu, komputer juga sudah menjadi perangkat yang ada di dunia perkantoran, sekolahan hingga kuliahan.

Apalagi semenjak pandemi beberapa tahun ke belakang, membuat perangkat elektronik tersebut semakin terkenal di semua kalangan. Oleh karena itu, Tutoreal.id akan memberikan pengalaman mengenai maintenance ringan komputer dengan baik dan benar.

Apa Itu Maintenance Ringan Komputer?

Maintenance ringan komputer adalah proses perawatan dan pemeliharaan secara berkala yang berfungsi untuk menjaga kinerja tetap optimal serta bebas dari masalah. Hal ini merupakan teori dasar yang harus kita ketahui ketika menggunakan PC.

Dalam menggunakan komputer, tentu kita juga harus mengetahui bagaimana perawatan yang baik dan benar supaya tetap berjalan secara optimal. Seperti halnya pada tubuh manusia, komputer juga harus selalu terjaga kesehatannya apalagi jika penggunaan setiap hari.

Maintenance ringan komputer harus dilakukan secara rutin. Untuk waktunya tergantung dari penggunaan serta kondisi dari pc itu sendiri. Artinya, semakin sering menggunakan komputer, maka proses maintenance juga harus lebih sering sesuai penggunaan.

Misalnya seminggu sekali, 2 minggu sekali, 1 bulan sekali, 3 bulan sekali atau mungkin 6 bulan sekali. Akan tetapi, pada umumnya maintenance ringan komputer yaitu setiap sebulan sekali untuk mencegah kendala atau eror yang mungkin saja terjadi.

Read Now  5 Cara Cek dan Scan Barcode Mimi White AHA Ori

Adapun faktor lain yang menyebabkan perawatan komputer lebih sering yaitu kondisi lingkungan dan aplikasi yang digunakan. Misalnya lingkungan yang panas, berdebu serta terlalu banyak menggunakan aplikasi berat seperti game, desain grafis dan lain sebagainya.

Cara Maintenance Ringan Komputer Dengan Benar

Lalu bagaimana perawatan komputer yang benar agar tetap normal dan awet? Maintenance komputer apa saja? Sebenarnya cara yang bisa kalian lakukan cukup simpel. Untuk lebih jelasnya seperti berikut ini.

1. Maintenance Ringan Komputer Dengan Rutin Update Software

Maintenance Ringan Komputer Dengan Rutin Update Software

Hal pertama yang harus kita perhatikan saat maintenance komputer yaitu software. Seperti yang kita ketahui, software memiliki fungsi yang sangat penting seperti mengatur hardware. Selain itu, fungsi utama dari update perangkat lunak ialah mencegah lag yang mungkin terjadi.

Adapun cara update software komputer yaitu dengan Pilih Check for Updates atau Options > Check for Updates. Jika ada, silahkan lakukan update pada perangkat lunak tersebut. Apabila tidak ada, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Maintenance Ringan Komputer Dengan Update Windows Secara Real Time

Maintenance Ringan Komputer Dengan Update Windows Secara Real Time

Selain software, update windows (OS) juga merupakan hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Dengan mengupdate sistem operasi faktanya bisa mengatasi berbagai eror seperti adanya bug, memperbaiki keamanan dan lain sebagainya.

Dengan update windows juga tentunya kita bisa mendapatkan kepuasan sesuai yang diberikan oleh microsoft. Adapun caranya bisa dilakukan dengan Pilih Start > Panel Kontrol > Sistem dan > Windows Update. Jika ada, silahkan perbarui sistem yang sesuai dengan fungsinya.

3. Maintenance Ringan Komputer Dengan Hapus File Tidak Penting Secara Berkala

Maintenance Ringan Komputer Dengan Hapus File Tidak Penting Secara Berkala

Saat menggunakan komputer, tentu tidak luput dari unduh, menyimpan hingga transfer file dari perangkat lain. Hal ini menyebabkan banyaknya file atau berkas yang tidak penting di file manager. Jadi, menghapus file yang tidak penting merupakan salah satu cara maintenance ringan komputer.

Read Now  2 Cara Cek BPOM Wardah Online dan Dengan Aplikasi

Manfaatnya tentu saja bisa mengosongkan ruang penyimpanan pada hardisk sehingga bisa bekerja lebih optimal. Adapun caranya bisa dilakukan dengan Buka file manager > Pilih file yang tidak penting > Klik Kanan > Delete.

4. Defrag Hardisk

Defrag Hardisk komputer

Selain menghapus file yang tidak penting, kalian juga harus mengetahui metode defragment hardisk. Defragment merupakan sebuah proses untuk merapikan file yang ada di hard drive. Ini berguna untuk menyusun ulang file-file yang berantakan di komputer.

Faktanya, dengan mendefrag hardisk mampu meningkatkan kinerja yang cukup signifikan. Adapun cara mendefrag hardisk yaitu Pilih bilah pencarian di taskbar dan masukkan defrag > Pilih Defragmen dan Optimalkan drive > Pilih disk drive yang ingin Anda Optimalkan > Pilih tombol Optimalkan.

5. Bersihkan Komponen (Hardware)

Selain software, dalam maintenance ringan komputer tentu kita juga harus memperhatikan hardware. Karena perangkat keras bekerja secara langsung (Fisik) sehingga perlu kita bersihkan secara berkala. Misalnya membersihkan debu yang ada pada komponen komputer.

Banyaknya debu yang menempel pada komponen seperti ram, motherboard dan lain sebagainya tentunya membuat kinerja kurang optimal. Oleh karena itu, silahkan copot terlebih dahulu semua perkabelan komputer, lalu bersihkan menggunakan kuas.

6. Scan Virus

Kita tidak pernah tahu kapan virus (malware) menyerang komputer. Oleh karena itu, adanya maintenance ringan komputer cukup menekankan untuk scan virus secara rutin. Jadi, tidak ada salahnya untuk menggunakan antivirus agar memberikan perlindungan dan keamanan pada data komputer dari serangan virus.

Berdasarkan survei yang saya lakukan, ada beberapa antivirus terbaik dan terpopuler seperti Bitdefender, AVAST, Panda, Surfshark, Norton 360, McAfee, AVG Ultimate. Jadi, silahkan gunakan salah satu dari antivirus tersebut untuk mencegah serangan malware pada komputer.

Read Now  4 Cara Merubah TV LED ke TV Digital Dengan Mudah

7. Backup Data

Cara maintenance ringan komputer yang terakhir yaitu dengan backup data. Backup merupakan salah satu proses pencadangan dengan cara menyalin semua berkas penting untuk dipulihkan suatu saat nanti. Kita tidak pernah mengetahui kapan komputer eror dan tidak bisa digunakan.

Oleh karena itu, dengan rutinitas melakukan backup data dapat mencegah kehilangan berkas penting misalnya karena komputer mati, hard drive rusak dan lain sebagainya.

Itulah yang biasa saya lakukan untuk maintenance ringan komputer. Tujuan dari 7 metode di atas ialah untuk mencegah adanya eror, mengoptimalkan kinerja software dan hardware, meminimalisir kerusakan serta memastikan komputer tetap lancar.

Dengan adanya 7 cara di atas tentu saja menjadi sebuah pencerahan bagi kalian yang masih bertanya-tanya bagaimana mengatasi berbagai eror yang terjadi pada komputer. Jadi, silahkan coba untuk perawatan komputer secara berkala sesuai dengan yang saya lakukan di atas.